Rute Jalan dan Harga Tiket Masuk Pantai Ngliyep Malang Terbaru

Rute Jalan dan Harga Tiket Masuk Pantai Ngliyep Terbaru

Rute Jalan dan Harga Tiket Masuk Pantai Ngliyep Malang Jawatimur yang penuh mitos angker nyi roro kidul

Sudah mendekati weekend jika anda masih bingung mencari tujuan wisata di kota Malang tidak ada salahnya anda mencoba travelling ke Pantai Ngliyep yang berada di Desa Kedungsalam, Donomulyo, Malang, Jawa Timur 65167, Indonesia, Pantai ini juga tidak kalah populernya seperti  Pantai BalekambangPantai Pulodoro dan pantai pasir panjang yang dekat dengan pantai ngliyep.

Pantai ini selain memiliki keindahan pasir/ombak yang indah juga alam disekitar lokasi cukup asri dan rute jalan menuju lokasi yang dikelilingi hutan menambah kesejukan saat akan menuju pantai ngliyep, sebelum membahas lebih jauh alangkah baiknya mengetahui sejarah pantai ngliyep yang terkenal sebagai salah satu pantai yang mempunyai cerita Mistis / Angker di Jawa Timur.

Kunjungi juga : Pantai Three Colour yang bisa Snorkelling

Sejarah & Mitos Angker Pantai Ngliyep Jawa timur

Pantai yang terletak di pesisir selatan Samudera Hindia, dikutip dari wikipedia pantai ini nampaknya sudah bisa diakses mulai tahun 1980 karena fasilitas jalan dan angkutan umum sudah tersedia saat itu dan pastinya menjadi salah satu tujuan wisata favorit di Jawa Timur seperti warga kota Surabaya, Kediri, Madiun dll

Konon pantai ini ditemukan pertama kali oleh Mbah Atun (Perantauan asal Jogjakarta) pada 1919 dan mulai dibuka secara resmi pada 1951, Mitos Angker yang ada disekitar pantai ngliyep adalah saat anda mengunjungi lokasi Gunung Kombang (Semacam Bukit) karena mempunyai ketinggian yang tidak terlalu tinggi, nah disitulah biasa dijadikan tempat menggelar ritual mistis semacam agar bertemu Ratu Laut Selatan (Nyi Roro Kidul) dengan maksud tujuan untuk pesegiha dan Setiap tanggal 14 bulan Maulud (Rabiulawal)

Pantai Ngliyep akan lebih ramai dari hari biasa karena selalu diadakan acara labuhan. Kegiatan labuhan ini sudah ada secara turun-temurun sejak masa Mbah Atun, orang yang dipercaya jadi penemu Ngliyep. Labuhan adalah kegiatan masyarakat adat Jawa berupa selamatan dengan menyembelih kambing atau sapi yang disedekahkan kepada masyarakat sekitar pantai. Namun, sebagian makanan juga dilarung atau ditebarkan ke tengah laut. 

Upacara ini dilakukan oleh masyarakat Kedungsalam dengan membawa sesaji beraneka ragam dan diiringi kesenian Jaranan serta para pengawal yang mengenakan pakaian adat. Sesaji itu diarak menuju Gunung Kombang yang berjarak kurang lebih 300 m melalui sebuah jembatan dari pesanggrahan Ngliyep.

Fasilitas yang ada di Pantai Ngliyep Terbaru 2017

Sejarah Angker Pantai Ngliyep Malang Jawa timur

Bagi anda yang ingin menikmati wisata dipantai ngliyep tak perlu terlalu memikirkan fasilitas yang ada disana karena sudah cukup lengkap, mulai dari :

  • Warung / Tempat Makan,Minum yang berjajar
  • Toilet / W.C
  • Mushola
  • Lahan parkir yang cukup luas
  • Penginapan 

Lihat juga : Pantai Modangan yang lagi Hits dengan Spot Foto ❤

Rute Jalan Pantai Ngliyep

Ada dua cara untuk menuju pantai ini , anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau naik angkotan umum.
1. Kendaraan Pribadi 
Jika anda dari surabaya bisa langsung menuju arah Kabupaten Malang lalu menuju Kecamatan Donomulyo,  sesampainya disana akan ada petunjuk arah yang akan membawa anda sampai ke pantai ngliyep yang berada di Desa Kedungsalam

2. Kendaraan Umum
Bisa naik mikrolet jalur GN1, yaitu jalur Gadang-Ngliyep lewat Donomulyo atau jalur GN2, yakni jalur Gadang-Ngli

yep lewat Sumbermanjing kulon atau yang sekarang dikenal dengan nama Kecamatan Pagak
Pesan : Jangan sungkan untuk bertanya kepada warga atau biar lebih simpel gunakan Google Maps/Gps

Harga Tiket Masuk Pantai Ngliyep

  • Harga Tiket Masuk : Rp. 15.000
  • Parkir Rp.5000

Untuk anda yang dari luar kota seperti Surabaya dll anda bisa bermalam disana dengan menyewa penginapan mulai harga Rp.75.000 hingga Rp. 200.000  (Tergantung Fasilitas dan Tempat)

Selamat berakhir pekan Travaller di Pantai Ngliyep Malang

Explore Ngalam, Lingkar Malang, MalangToday, Halo Malang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.