Candi Sumberawan

Candi Sumberawan: Lokasi, Sejarah dan Mitos

Bagikan:

Candi Sumberawan – Salah satu situs peninggalan sejarah kerajaan Singhasari yang berlokasi di Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur, dengan jarak sekitar 6 km dari Candi Singosari. Awalnya hanya berupa candi tunggal dan ada sumber mata air disana tapi sekarang nampaknya warga sekitar mempercantik tempat itu dengan menambahkan spot-spot untuk berfoto dan mendesain rumput berbentuk ILoveU ❤.

Seperti wisata yang juga lagi hits di Sumberputih Wajak yang membuat siapa saja yang mengetahuinya segera mengunjungi untuk memuaskan rasa penasaran, berikut adalah penampakan salah satu spot foto kekinian di candi sumberawan:

Candi Sumberawan

Salah satu Spot Foto Kekinian di wisata candi sumberawan singosari malang

Sebelum membahas lebih jauh tentang wisata candi sumberawan alangkah lebih baiknya mengetahui sejarah singkat / asal-usul candi Sumberawan.

Kunjungi juga : Budug Asu lokasinya dekat dengan singosari yang menawarkan Pemandangan Indah Gunung Arjuna

Sejarah Candi Sumberawan

Candi Sumberawan dulunya bernama Kasurangganan sebuah nama yang terkenal dalam kitab Negarakertagama, Pertama kali ditemukan pada tahun 1904 dan merupakan satu-satunya stupa yang ditemukan di Jawa Timur, tidak memiliki tangga naik ruangan di dalamnya yang biasanya digunakan untuk menyimpan benda suci, Jadi, hanya bentuk luarnya saja yang berupa stupa, tetapi fungsinya tidak seperti lazimnya stupa yang sesungguhnya, Diperkirakan candi ini dahulu memang didirikannya untuk pemujaan.

Didirikan sekitar abad 14 sampai 15 masehi yaitu pada periode Kerajaan Majapahit (Kemungkinan pendiri candi ini adalah warga pada masa kerajaan Majapahit). Bentuk yang stupa pada Candi Sumberawan ini menunjukkan latar belakang keagamaan yang bersifat Buddhisme / Budha, Batur candi berdenah bujur sangkar, tidak memiliki tangga naik dan polos tidak berelief.

Kunjungi juga : Wisata Malam di Malang Night Paradise Terbaru 

Mitos Candi Sumberawan

Memang wisata candi dimanapun selalu memiliki sejarah yang panjang dan beberapa mitos misteri termasuk candi sumberawan ini, selain disana terdapat area suci seperti makam/tempat sesajen,bunga,dupa aroma mistis sangat kental disana, ada juga air dingin dari sumber yang menurut warga sekitar bisa membuat awet muda dan wajahnya lebih cerah.

Alam disana juga masih terjaga asri, pepohonan yang mengelilingi candi sumberawan tumbuh rimbun dan membuat siapa saja yang berada disana terasa nyaman dan sejuk. Bagaimana ingin segera menuju kesana untuk menikmati wisata sejarah sambil berfoto di spot kekinian ? Berikut rute menuju lokasi candi sumberawan.

Lokasi Candi Sumberawan

Lokasi candi sumberawan berada di Desa Bodean Krajan, Toyomarto, Kec. Singosari, Malang, Jawa Timur 65153. Cukup mudah untuk ditemukan, berikut adalah rute menuju lokasinya:

Rute Menuju Candi Sumberawan

Lokasi berada di alamat Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur.
jadi silahkan dari kota malang langsung menuju Kecamatan Singosari ⇨ lalu Ardimulyo Song-Song ⇨ belok ke arah kiri menuju arah desa Mbodean lurus terus sampai didesa Toyomarto.

Dari sini lokasi candisumberawan sudah di depan mata, jangan sungkan untuk bertanya kepada warga sekitar, karena warga disana terkenal cukup ramah dan pastinya murah senyum. Apabila anda ingin lebih praktis langsung saja gunakan ponsel pintar dan buka Google Map / GPS.

Mampir juga : Taman Langit Batu yang menawarkan banyak sekali spot foto

Harga Tiket Masuk Candi Sumberawan

Biaya parkir kendaraan bermotor Rp.2000 dan Harga karcis tiket masuk candi sumberawan Rp.5000 yang dikelola oleh Perum Perhutani KPH Malang, anda bisa seharian piknik disana bergelantungan dengan Hammock diantara pohon pinus atau bisa juga berenang di pemandian candi sumberawan

Air Langsung dari sumber di Candi Sumberawan

Selamat berlibur, oh ya hampir lupa kabarnya setiap hari minggu di candi sumberawan terdapat hiburan, hiburanya apa? silahkan datang tepat hari minggu jika penasaran, jangan lupa ajak juga saudara, teman, pacar anda, #Saran agar lebih hati-hati saat menuju kesana karena jalan masih kurang mulus dan pastinya tetap jaga kebersihan dilokasi.

Gambar Gravatar
Informasi Wisata Kuliner Ngalamers

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.